Tugas Pokok & Fungsi


TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rokan Hilir dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan  dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hilir dan tugas pokok fungsinya diatur melalui Peraturan Bupati Rokan Hilir Nomor 63 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Fungsi dan Tata Kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rokan Hilir.

Secara umum Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam Melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Daerah di bidang Keuangan Daerah. Atau berdasarkan fungsinya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah  menyelenggarakan ;

  1. perumusan kebijakan teknis pengelolaan keuangan dan aset;
  2. pelaksanaan fungsi Bendahara Umum Daerah (BUD);
  3. penyelenggaraan kegiatan teknis operasional dan fungsional di bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah;
  4. pengkoordinasian pengelolaan keuangan dan aset daerah;
  5. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah;
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tipelogi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ditetapkan sebagai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah  Kabupaten tipe A terdiri atas 1 (satu) sekretariat dan 4 (empat) Bidang, dengan susunan organisasi, terdiri dari :

  1. Kepala
  2. Sekretariat
  3. Bidang Anggaran
  4. Bidang Perbendaharaan
  5. Bidang Akuntansi
  6. Bidang Pengelolaan Aset Daerah
  7. UPT.

Sekretariat membawahi 3 (tiga) Subbagian yaitu

  1. Sub bagian umum dan Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Keuangan;          
  3. Sub Bagian Perencanaan dan Program.

Bidang Anggaran membawahi 3 (tiga) Sub bidang:

  1. Sub Bidang Anggaran Belanja Tidak Langsung dan Pengeluaran Pembiayan;
  2.   Sub Bidang Anggaran Belanja Langsung; dan
  3.   Sub Bidang Pendapatan dan Penerimaan Pembiayaan.

Bidang Perbendaharaan membawahi 3 (tiga) Sub bidang:

  1. Sub Bidang Belanja Tidak Langsung dan Pengeluaran Pembiayaan;
  2. Sub Bidang Belanja Langsung; dan
  3.   Sub Bidang Pengelolaan Kas Daerah.

Bidang Akuntansi yang membawahi 3 (tiga) Sub bidang:

  1. Sub Bidang Pelaporan Keuangan;
  2. Sub Bidang Evaluasi Pertanggunjawaban Keuangan; dan
  3. Sub Bidang Akuntansi dan Sistem Informasi.

Bidang Pengelolaan Aset Daerah yang membawahi 3 (tiga) Sub bidang;

  1. Sub Bidang Perencanaan dan Penatausahaan;
  2. Sub Bidang Pengguna dan Pemanfaatan; dan
  3. Sub Bidang Penghapusan dan Pemindahtanganan.

Sesuai dengan tugas dan fungsinya berdasarkan Peraturan Bupati Rokan Hilir Nomor 63 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Fungsi dan Tata Kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rokan Hilir, maka Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rokan Hilir bertugas untuk menyelenggarakan fungsi pengelolaan keuangan daerah yang meliputi penganggaraan, perbendaharaan, penatausahaan, akuntansi, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rokan Hilir juga berperan sebagai Pejabat Pengelola Keuangan Daerah sekaligus Bendahara Umum Daerah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.